Minggu, 19 Juli 2015

MATERI KELAS VIII: Pertumbuhan dan perkembangan

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang. Pengertian pertumbuhan menurut beberapa ahli yaitu perubahan yang terjadi dalam pembentukan suatu makhluk hidup secara jasmani mulai dari janin sampai dewasa. Pertumbuhan ditandai dengan perubahan tinggi dan berat badan pada manusia.
Pengertian perkembangan yaitu perubahan yang terjadi pada makhluk hidup menuju kedewasaan yang ditandai dengan perubahan tingkah laku dan kematangan fungsi alat tubuh untuk menunjang proses pertumbuhan. Oleh karena itu maka pertumbuhan dan perkembangan merupakan ciri makhluk hidup yang tidak dapat dipisahkan.
Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan dibagi 2 yaitu:
1.      Faktor internal : hormon dan gen
2.      Faktor eksternal : suhu, cahaya, nutrisi, air, tanah, dan kelembaban
Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terjadi melalui meristem yang menghasilkan sel-sel untuk organ baru sepanjang kehidupan tumbuhan. Pertumbuhan pada tumbuhan dibagi yaitu:
1.      Pertumbuhan primer : meristem apikal memperbesar akar dan tunas dengan cara menjadi bagian primer tumbuhan
2.      Pertumbuhan sekunder : meristem lateral menambah ukuran dan  diameter dengan menghasilkan jaringan pembuluh sekunder dan periderm ( Campbell, 2003)
Meristem pada tumbuhan akan menghasilkan sel-sel untuk organ baru sepanjang kehidupan tumbuhan.
Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan bertulang belakang mirip dengan manusia yang akan diawali dengan tahap perkembangan embrio hasil dari fertilisasi. Pada hewan tak bertulang belakang terdapat perbedaan pertumbuhan dan perkembangan dengan cara metamorfosis dan metagenesis. Pengertian metamorfosis yaitu perubahan bertahap mulai dari bentuk larva hingga dewasa dengan perbedaan bentuk yang nyata sedangkan pengertian metagenesis yaitu suatu pergiliran fase hidup antara fase seksual dan fase aseksual dengan perbedaan bentuk pada tahapan perkembangannya.

Tambahan informasi materi pertumbuhan dan perkembangan dapat dibaca pada website berikut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar